PAW Puan Diparipurnakan Usai Reses DPR

pdip jatim - puan - kananJAKARTA — Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, proses pergantian antar-waktu (PAW) Puan Maharani di DPR terus berjalan. Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu akan digantikan calon anggota legislatif PDI Perjuangan Dapil V Jawa Tengah, Alfia Reziani.

Sejatinya, Puan Maharani akan digantikan Darmawan Prasodjo. Dalam Pileg 2014 lalu, Darmawan yang lebih dikenal dengan sebutan Darmo itu raihan suaranya terbanyak kedua setelah Puan Maharani.

Namun Darmo yang sekarang sebagai Deputi I Kantor Staf Presiden mengundurkan diri sebagai pengganti Puan. Oleh karena itu, DPP PDI Perjuangan menunjuk Alfia Reziani, yang raihan suara di pileg lalu di bawah Darmo.

“Semua sudah berproses. Darmawan Prasodjo juga sedang mengundurkan diri dari haknya sebagai pengganti Puan dan digantikan dengan nama di bawahnya (Darmawan),” kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di gedung DPP PDIP, Jakarta, Senin (4/1/2016).

“Sudah diserahkan ke KPU, pimpinan DPR, dan Presiden,” tambah dia.

Hasto mengakui, proses PAW Puan memang terlambat. Sebelumnya, Presiden sudah lebih dulu menandatangani keppres penggantian Pramono Anung dan Tjahjo Kumolo, karena menjadi menteri.

Keterlambatan ini, sebut Hasto, murni disebabkan hal teknis. Darmo yang memiliki suara di bawah Puan di Dapil V Jateng, memilih untuk tetap menjadi Deputi I Kepala Staf Kepresidenan.

Oleh karena itu, Darmawan harus terlebih dulu mengirimkan surat kepada KPU untuk menyatakan pengunduran diri atas haknya sebagai anggota DPR pengganti Puan. Setelah itu, barulah PDIP menunjuk Alfia yang memperoleh suara di bawah Darmawan

“Nah, sekarang, Darmawan sudah mundur, tak menggunakan haknya sebagai anggota Dewan terpilih untuk gantikan Puan. Jadi, tak ada persoalan lagi,” ucap Hasto.

Hasto menargetkan, proses PAW terhadap Puan akan selesai dan segera dibacakan dalam sidang paripurna DPR seusai masa reses. DPR akan memulai kembali masa sidang pasca-reses pada 11 Januari mendatang. (goek/*)