1 Bupati dan 3 Wabup-Wawali di Jatim Ini Pimpin PDIP

Pelantikan pengurus baru DPC PDIP periode 2019-2024 di The Empire Palace, Surabaya, Minggu (7/7/2019), Wabup Sumenep Achmad Fauzi (dua dari kiri)

SURABAYA – Satu kepala daerah dan tiga wakil kepala daerah di Jawa Timur mendapat amanah memimpin PDI Perjuangan sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC). Mereka terpilih menjadi Ketua DPC PDIP dalam konferensi cabang (Konfercab) serentak di tiga zona di Jatim, Minggu (7/7/2019).

Informasi yang dikumpulkan media ini, Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin dipercaya menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan setempat. Bupati yang akrab disapa Gus Ipin ini menggantikan Doding Rachmadi yang telah sukses memimpin PDIP Trenggalek di periode sebelumnya.

Penugasan dari DPP PDIP kepada Gus Ipin disampaikan Wakil Sekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah dalam konfercab serentak di zona tiga yang berlangsung di hotel The Sun City Kota Madiun.

Baca juga: Serentak, Konfercab PDIP se-Jatim Berlangsung di 3 Titik

Wakil kepala daerah yang kemarin dilantik sebagai Ketua DPC PDIP adalah Wakil Wali Kota (Wawali) Pasuruan Raharto Teno Prasetyo dan Wakil Bupati (Wabup) Sumenep Achmad Fauzi. Keduanya dilantik DPP PDIP di lokasi konfercab serentak zona satu yang digelar di The Empire Palace Surabaya.

Pelantikan pengurus baru DPC PDIP periode 2019-2024 di The Empire Palace, Surabaya, Minggu (7/7/2019), Wawali Pasuruan Raharto Teno Prasetyo (dua dari kiri)

Sedang satu wakil kepala daerah yang juga dilantik sebagai Ketua DPC PDIP adalah Wabup Blitar Marhaenis Urip Widodo. Kader PDIP yang kembali dipercaya mengemban tugas sebagai Ketua DPC di Kabupaten Blitar periode lima tahun ke depan ini dilantik di lokasi konfercab serentak zona dua di Hotel Savana Kota Malang.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumenep terpilih, Achmad Fauzi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang diberikan DPP PDIP kepadanya. Dia menyebut, konfercab ini merupakan regenerasi bagi para pengurus di tingkat kabupaten/kota.

“Bagi kami, konfercab adalah hal biasa yang ada dalam tubuh PDI Perjuangan. Idealnya, ini adalah bentuk regenerasi bagi pengurus partai,” kata Fauzi kepada wartawan usai pelantikan.

Dia menegaskan kesiapannya melakukan kerja politik, di antaranya akan melakukan konsolidasi secara internal maupun eksternal, termasuk memenangkan Pilkada 2020 mendatang di wilayah ujung timur Pulau Madura tersebut.

Bupati Trenggalek Moh Nur Arifin dan Wabup Blitar Marhaenis Urip Widodo

Di periode 2019-2024, Fauzi didampingi Sekretaris DPC PDIP Abrari dan Bendahara H Zainal Arifin.

Sedang Raharto Teno Prasetyo saat dihubungi wartawan mengaku kaget atas penunjukan dirinya sebagai ketua DPC PDIP Kota Pasuruan menggantikan Pranoto. Meski demikian, Wawali Pasuruan ini menyatakan kesiapannya mengemban tugas-tugas kepartaian untuk lima tahun ke depan.

Teno mengaku tak menyangka akan dipercaya memimpin partai pemenang Pemilu 2019 ini. Apalagi, selama ini dia juga tidak ikut dalam proses penjaringan. Namun sebagai kader dan petugas partai, pihaknya siap mematuhi apa yang sudah ditugaskan oleh partai.

“Sebagai kader dan petugas partai, tentu saya harus siap,” tegas Teno. (goek)